Bisnis

6 Kiat Sukses Ala Eka Tjipta Widjaja, 100% Pasti Berhasil! – Tionghoapos


Last Updated on 31 January 2019 by Herman Tan

Siapa yang tidak kenal dengan Eka Tjipta Widjaja? Lahir di Quanzhou, Fujian, Tiongkok pada 27 Februari 1921 (usia 97), beliau menjelma sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia saat ini. Tidak hanya itu saja, saat ini tercatat bahwa pengusaha keturunan Tionghoa tersebut merupakan pengusaha ke-2 terkaya di Indonesia, dengan kisaran total kekayaan sebesar 122 triliun rupiah berdasarkan versi majalah Forbes pada akhir 2017 yang lalu.

Mengejutkan bukan? Namun, bisa jadi tidak banyak yang mengetahui apa saja kiat sukses yang dimiliki pendiri grup Sinar Mas ini, sehingga bisa berada di puncak kesuksesan sampai saat ini.

Eka Cipta Wijaya, orang terkaya ke-2 di Indonesia yang berusia 97 tahun.
Eka Tjpta Widjaya semasa mudanya.

Eka Tjipta Widjaya (黄亦聪; Huang Yìcong) terlahir dari sebuah keluarga miskin di Fujian, Republik Rakyat Tiongkok pada 27 Februari 1921. Di tahun 1931, saat masih berumur 7 tahun beliau bersama ibunya melakukan perjalanan migrasi ke Makassar, Sulawesi Selatan, menyusul ayahnya yang sudah lebih dahulu bermigrasi guna mencari penghidupan yang lebih baik.

Berawal dari bukan apa-apa, Eka Tjipta Widjaja yang menurut pengakuan hanya lulusan Sekolah Dasar ini memulai bisnisnya dari sekedar berjualan biskuit pada usia 17 tahun. Hingga pada masa Orde Baru, beliau mampu mendirikan pabrik kertas PT Tjiwi Kimia, dan berlanjut dengan membeli ribuan hektar perkebunan kelapa sawit, mendirikan Bank Internasional Indonesia (BII), dsb.

Usahanya kemudian berkembang dengan mendirikan Sinar Mas Group (usaha intinya dibidang pabrik kertas dan konstruksi), yang terus berjaya hingga saat ini. Tak pernah menurun, kekayaan Eka Tjipta Widjaja seolah makin meningkat setiap tahunnya.

Eka Tjipta Widjaya dilaporkan pernah menikah sebanyak 2x (lain sumber mencantumkan 7x), dimana Trini Dewi Lasuki (meninggal 2017) merupakan istri yang sah secara hukum. Beliau dikaruniai 9 anak laki-laki, 8 anak perempuan, dan lebih dari 25 orang cucu.

Berikut ini beberapa kiat sukses ala Eka Tjipta Widjaja yang bisa kita ikuti :

1. Percaya Pada Tuhan

Ada suatu pernyataan yang keluar dari Eka Tjipta Widjaya dan cukup populer diberitakan, yaitu :

Saya sungguh menyadari, saya bisa seperti sekarang karena Tuhan Maha Baik. Saya sangat percaya Tuhan, dan selalu ingin menjadi hamba Nya yang baik”.

Pernyataan ini sebenarnya cukup ringan, tetapi juga mengena, karena tidak banyak memang pengusaha yang mengutamakan kepercayaannya kepada Tuhan supaya dapat berhasil dalam berbisnis. Tapi inilah yang dipercaya oleh pemilik grup Sinar Mas tersebut.

Rupanya salah satu kunci kesuksesan hidup dan bisnisnya yaitu dengan selalu bersyukur dan percaya kepada Tuhan. Oleh sebab itu, jika ingin berhasil ada baiknya kita juga mengutamakan kepercayaan kita terlebih dahulu. Karena sukses itu sebenarnya merupakan anugerah.

2. Dukungan Keluarga

Tidak hanya mengutamakan kepercayaannya, Eka Tjipta Widjaja juga merupakan salah satu pengusaha yang percaya bahwa kunci kesuksesan adalah berkat dari dukungan keluarga yang sepenuhnya. Terutama dari istri dan anak-anaknya.

Betapa tidak, ia membangun bisnis dari nol dan bukan apa-apa. Selain mengalami jatuh bangun dalam menjalankan usaha, juga pernah merasakan untung rugi dalam berbisnis. Tanpa dukungan keluarga yang besar, tentunya pencapaian dirinya tidak akan sebesar hari ini.

Karena itu, sebaiknya selalu pastikan bahwa keluarga kamu mendukung penuh atas usaha bisnis yang dijalankan, supaya dapat berakhir sukses dengan baik. Ibarat restu, tanpa dukungan keluarga sepenuhnya, tentu dalam berkegiatan usaha bisnis menjadi tidak tenang. Daripada demikian, yang terbaik memang berbisnis dengan mendapatkan persetujuan keluarga terdekat.

3. Berbuat Kebaikan

Motto hidup pak Eka Tjipta Widjaja juga tercermin dari perbuatannya yang luar biasa baik. Pada tahun 2006, beliau mendirikan suatu organisasi nirlaba yang diberi nama dengan Eka Tjipta Foundation. Organisasi ini didirikan dengan tujuan untuk berfokus pada kegiatan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Memiliki motto “Menanam kebaikan, menuai kesejahteraan”, Eka Tjipta Foundation ini memiliki beragam program yang luar biasa, termasuk Tjipta Sarana Bangun Desa, Tjipta Pemuda Bangun Bangsa, berbagai acara pelatihan, serta beragam pemberian beasiswa pada anak-anak yang tidak mampu.

Keteguhan hati yang mulia dari Eka Tjipta Widjaja ini merupakan kunci, dimana saat seseorang berbuat baik, tentu tidak akan berkurang harta yang ia berikan untuk menolong orang lain. Justru kian hari kian bertambah, karena pada dasarnya mendapatkan anugerah kekayaan merupakan “kepercayaan” yang diberikan Tuhan, yang ditujukan untuk berbagi pada orang2 yang kurang beruntung.

4. Berhemat Uang

Tidak hanya itu, seringkali kita dengar bahwa prinsip Eka Tjipta Widjaja dalam hidupnya yaitu berusaha selalu berhemat. Tentunya hemat tidak sama dengan pelit. Berhemat berarti membeli sesuatu sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Contohnya, jika hanya punya 100.000 rupiah, maka sebaiknya belilah sesuatu yang nilainya jauh  kurang dari 100.000 rupiah. Jangan sampai membeli sesuatu yang bernilai jauh di atas dana yang kita miliki, apalagi sampai berhutang. Karena menurut Eka Tjipta Widjaja, hal demikian inilah yang dapat mendatangkan celaka.

Demikian halnya jika menjalankan bisnis. Menghitung kas pemasukan dan biaya pengeluaran yang tepat harus dilakukan, sehingga tidak terjadi kekurangan dana yang tidak diperkirakan sebelumnya. Orang yang dapat berhemat, itulah orang yang dapat dengan sedikit demi sedikit memupuk kekayaan dan berhasil keluar menjadi orang sukses.

5. Kendalikan Uang

Kiat sukses berikutnya yaitu berusaha untuk mengendalikan uang. Mungkin banyak yang bingung apa yang dimaksud dengan “mengendalikan uang” dalam hal ini. Maksud dari mengendalikan yaitu supaya dapat mengatur kebutuhan yang di inginkan, dengan jumlah uang yang dimiliki.

Sebaiknya usahakan untuk tidak segera menghabiskan pendapatan yang diperoleh, tetapi berusahalah untuk bijaksana dalam mengelola keuangan.

Contohnya, jika memperoleh pendapatan atau keuntungan bisnis senilai 100.000 rupiah, maka jangan sampai seluruh keuntungan ini segera dibelanjakan untuk keperluan konsumtif yang kurang jelas. Sebaiknya bijaksanalah dalam memutuskan mana yang benar-benar perlu, dan mana yang tidak perlu untuk dibeli.

Inilah realita yang saat ini banyak terjadi, bahwa banyak orang tidak menjadi sukses karena susah untuk menahan diri. Tidak mampu memilah mana yang benar-benar penting, dan mana yang tidak dibutuhkan. Ini membuat kita menjadi susah untuk mengendalikan keuangan kita dan akhirnya terjebak dalam gaya konsumtif yang sebenarnya tidak perlu.

Oleh sebab itu, sebaiknya benar-benar belilah apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan berdasarkan keinginan kita.

6. Kerja Keras

Terakhir, seperti halnya para pengusaha Tionghoa lainnya di Indonesia, tentunya kunci keberhasilan dan sukses itu ada pada yang namanya bekerja keras. Karena sejatinya memang tidak ada yang bisa dicapai dengan instant tanpa melakukan suatu usaha terlebih dahulu.

Dengan bekerja keras, maka memperoleh kesuksesan merupakan suatu hal yang tidak sulit. Sebab pada dasarnya kegagalan itu bukan hanya soal nasib saja, tetapi sebagian besar karena tidak mau mencoba kembali dan pantang untuk bekerja keras. Jadi, bila ingin sukses dan berhasil, maka mulailah dengan tekun berkerja keras seusai kemampuan yang dimiliki.

Itulah beberapa kiat sukses ala Eka Tjipta Widjaja yang dapat dicontoh supaya kita dapat dengan mudah meraih keberhasilan. Sebagian dari kiat tersebut memang bukan hal yang ringan untuk dilakukan, apalagi dalam perjalanan bisnis tentu ada saja masalah yang menjadi penghalang kesuksesan, seperti dari sisi keluarga, kepercayaan, modal, dan lain sebagainya.

Namun dengan ketekunan dan kerja keras serta semangat dan doa yang tak putus-putusnya, tentu akan membawa usaha yang kita jalani dapat terus maju dan berkembang. Pada akhirnya, jangan pernah menyerah terhadap apa yang kita yakini dan inginkan. Karena dengan keyakinan tersebut, tentu keinginan yang besar untuk sukses bukanlah suatu hal yang sulit untuk didapatkan.





Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Semua tentang Tionghoa

Situs berita informasi seputar Tionghoa di Indonesia.

Copyright © 2020 TIONGHOAPOS.COM

To Top