Traveling

7 Hal Seputar Zhangjiajie : Harga Tiket Masuk, Penginapan, Waktu Terbaik, dan Private Tour – Tionghoapos


Zhangjiajie (张家界) terletak di wilayah Tiongkok Tengah, sekitar ±1.000 kilometer dari Hong Kong. Di area wisata ini terdapat 243 puncak/pilar baru. yang merupakan tempat shooting film Avatar (2009). Zhangjiajie mungkin tidak cocok dengan selera semua orang, sama seperti tidak semua orang menyukai menonton film Avatar.

Tetapi bagi mereka yang mencintai alam, ingin mencari petualangan, dan ingin melarikan diri dari keramaian dan hiruk pikuk keseharian, Zhangjiajie adalah suatu keharusan bagi rencana perjalanan Anda.

Pada tahun 1982, Taman Hutan Nasional Zhangjiajie menjadi Taman Hutan Nasional pertama di Tiongkok.

A. Berapa Hari yang Ideal Untuk Menjelajahi Area Taman Zhangjiajie?

Taman Hutan Nasional Zhangjiajie begitu besar, sehingga Anda setidaknya perlu waktu seminggu untuk menjelajahi semua area yang indah. Sebagai info, tiket masuk ke Zhangjiajie berlaku selama 4 hari.

Jika waktu Anda terbatas, disarankan paling tidak menghabiskan setidaknya 2 hari di taman. Itu akan memungkinkan Anda untuk setidaknya mengunjungi tempat2 wajib yang harus dikunjungi di Zhangjiajie, dan akan memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk menikmati pemandangan dengan tidak terburu2. Juga sebagai hari cadangan kalau2 terhalang kabut atau cuaca buruk.

Anda bisa menghabiskan 1 hari di tempat wisata pegunungan, seperti Yuanjiajie dan Gunung Tianzi, dan hari lainnya di tempat wisata lembah, seperti di Gold Whip Stream.

Taman Hutan Nasional Zhangjiajie.

B. Apakah Sebaiknya Ikut Tur, atau Pergi Sendiri ke Zhangjiajie?

Bisakah Anda membaca, atau setidaknya berbicara bahasa Mandarin? Jika tidak, disarankan mengikuti paket tur dengan pemandu/guide berbahasa Indonesia (atau setidaknya Inggris).

Tiongkok hampir sama dengan Japan, dimana masyarakatnya sangat menghargai bahasa sendiri, sehingga penguasaan bahasa asing bukanlah merupakan sebuah keharusan. Hal ini tentu berbeda dengan negara2 berkembang seperti kita, yang bahkan dijaman sekarang, anak kecil lebih dulu diajarkan bahasa Inggris ketimbang bahasa sendiri.

Taman Zhangjiajie adalah sebuah tantangan jika Anda berjalan sendiri , karena tidak ada papan petunjuk dan peta yang jelas, dan Anda akan membuang banyak waktu untuk sekedar mencari tahu ke mana harus naik bus, dan ke mana bus akan berhenti.

Bepergian dengan tur pribadi akah lebih disarankan, agar Anda dapat menjelajahi lokasi dengan kecepatan Anda sendiri, tentunya dengan rencana perjalanan yang fleksibel. Anda dapat tinggal lebih lama untuk sekadar berfoto di depan Hallelujah Mountain, dan berkeliling dengan cerdas untuk menghindari kelompok2 wisata masyarakat lokal.

Jika Anda bepergian dengan anak2 kecil, atau dengan orang tua yang sudah lansia, dimana mereka tidak ingin berjalan terlalu banyak, penasihat dan pemandu perjalanan Anda akan memilih tempat2 yang membutuhkan lebih sedikit usaha untuk perjalanan (pendakian).

Sebaliknya jika Anda masih muda dan bugar, serta ingin mencari petualangan, guide Anda dapat merekomendasikan lebih banyak atraksi alam, dengan lebih sedikit wisatawan dan menawarkan pemandangan yang lebih nature.

Tampak 2 orang turis asing berfoto di Zhangjiajie National Forest Park.

C. Bagaimana Cara Menghindari Keramaian Turis Selama di Zhangjiajie?

1. Tiba lebih awal. Anda disarankan untuk tiba di lokasi taman sebelum jam 7:30 pagi. Dengan tiba 1/2 jam lebih awal, Anda dapat menghemat waktu hingga 2 jam untuk sekedar mengantri menaiki mobil kabel atau Lift Bailong.

2. Lakukan lebih banyak hiking daripada naik kereta gantung atau lift. Ada sedikit upaya fisik, namun usaha Anda akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang alami.

3. Kunjungi tempat2 yang kurang dikunjungi. Kelompok wisata lokal umumnya hanya pergi ke tempat2 paling terkenal untuk kunjungan singkat. Daerah seperti Yangjiajie dan Yellow Stone Village jauh lebih tenang dan sepi wisatawan.

4. Kunjungi di musim sepi, seperti musim dingin. Memang dingin, tetapi usaha Anda akan dihargai, tanpa harus berdesak-desakan kerumunan orang, atau mungkin hanya akan memotret kepala2 orang ketimbang pemandangannya. Siapa tahu, Anda berkesempatan menjumpai pemandangan gunung bersalju yang langka dan jarang terjadi.

Peta alternatif menuju lokasi Zhangjiajie.

D. Bagaimana Cara Pergi ke Taman Hutan Nasional Zhangjiajie?

Taman Hutan Nasional Zhangjiajie berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Zhangjiajie. Tidak ada bus langsung dari bandara atau stasiun kereta ke taman nasional. Anda dapat naik taksi atau bus lokal ke sana untuk menghemat uang, jika Anda tidak keberatan menghabiskan waktu ekstra menempuh perjalanan.

1. Dari bandara : Naik taksi. Atau naik bus umum 4 ke Guanliping Zhuanpan (官黎坪 转盘), lalu lanjut naik bus lokal dari sana ke Zhangjiajie Scenic Area. Cara terbaik untuk sampai ke Zhangjiajie adalah dengan naik pesawat langsung dari Beijing, Shanghai, atau Guangzhou. Mereka memiliki penerbangan harian rutin ke Zhangjiajie, dan merupakan pusat penerbangan internasional di Tiongkok.

2. Dari Stasiun Kereta Zhangjiajie :  Naik taksi. Atau belok kiri dan berjalan ±150 meter ke Stasiun Bus Kota Zhangjiajie, di mana Anda dapat membeli tiket bus ke Taman Nasional Zhangjiajie. Perjalanannya membuturkan waktu sekitar 40 menit.

Naik kereta ke Zhangjiajie umumnya tidak disarankan. Belum ada kereta peluru (bullet train) ke Zhangjiajie. Perjalanan kereta langsung dari kota2 wisata utama umumnya memakan waktu setidaknya 10 jam.

Cara paling mudah adalah memesan tur jauh2 hari dengan transportasi pribadi. Ini adalah cara terbaik, terutama pada saat2 puncak ketika bus2 lokal dipenuhi dengan turis. Karena itu taksi sangat diminati, dan mereka bisa menaikkan tarif semaunya!

Jangan pelit, kalau pelit, mending sekalian tidak usaha liburan 🙂

E. Kapan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Taman Nasional Hutan Zhangjiajie?

Taman Nasional Zhangjiajie terbuka dapat dikunjungi sepanjang tahun. Tetapi kapan sebaiknya pergi kesana? Itu tergantung pada pengalaman yang ingin Anda cari.

Untuk cuaca, Bulan September hingga Oktober adalah waktu terbaik untuk pergi, ketika cuaca disana cerah dan nyaman (tidak terlalu panas atau dingin).

Taman nasional sibuk sepanjang tahun, kecuali musim dingin yang dimulai dari awal Desember hingga akhir Februari. Musim puncaknya adalah dari bulan Mei hingga Agustus, yang merupakan musim2 liburan anak sekolah dan mahasiswa.

Rencanakan itinerary perjalanan wisata Anda ke Zhangjiajie dengan baik.

Periode singkat dari awal November hingga pertengahan November dianggap sebagai WAKTU TERBAIK, dengan cuaca yang baik dan tanpa banyak orang/kerumuman.

Jika Anda berencana untuk berkunjung selama periode tersibuk : Hari Libur Mayday (1-3 Mei), Hari Libur Nasional Tiongkok (1-7 Oktober), dan liburan musim panas antara bulan Juli dan Agustus. Pesanlah secepat mungkin, dan dapatkan keramaian yang besar 🙂

Sebagai info, wilayah Zhangjiajie terletak di ketinggian mid-latitude, yang artinya area ini beriklim sedang dan terkenal dengan kelembapannya. Suhu rata2 jarang melebihi 35°C atau jatuh di bawah 0°C. Puncak curah hujan tahunan umumnya jatuh di bulan Juni. Perhatikan bahwa suhu dipuncak gunung bisa dibawah 10°C, daripada di lembah yang biasanya lebih hangat!

Cuaca berkabut / hujan umumnya terjadi selama ±200 hari per tahun (210 mm)ffeb di Zhangjiajie, dan kabut membuat Zhangjiajie misterius. Tetapi meskipun demikian pemandangannya tetap indah, karena dengan kabut membuat Zhangjiajie terlihat semakin misterius.

F. Dimana Penginapan dan Tempat Makan Selama di Zhangjiajie?

Tidak ada hotel di taman nasional! Tetapi Anda dapat tinggal di hotel yang berdekatan dengan lokasi taman nasional. Sebagian besar hotel di Zhangjiajie terkonsentrasi di 2 area, yakni di pusat kota Zhangjiajie, dan sebuah kota kecil yang berdekatan dengan taman nasional, yang disebut Wulingyuan.

Wulingyuan, yang merupakan sebuah kota kecil di sebelah taman, adalah pilihan yang bagus. Disana menawarkan banyak pilihan, mulai dari hostel hingga hotel bintang 5, dan menawarkan kegiatan hiburan di malam hari. Dari sana Anda dapat memiliki opsi akses terbaik ke semua tempat wisata utama Zhangjiajie (lebih dekat) dan jalur hiking.

Zhangjiajie, disinilah tempat lokasi syuting film Avatar.

Sementara makanan yang disediakan di dalam lokasi taman nasional Zhangjiajie terbatas. Anda dapat menemukan beberapa restoran yang menawarkan citarasa lokal (namun masakan2 di restoran lokal ini umumnya pedas dan memiliki rasa yang kuat). Disana juga terdapat restoran McDonald’s dan KFC, meskipun sering terdapat antrian panjang.

Guide Anda akan memilih restoran terbaik yang tersedia berdasarkan kebutuhan Anda, dan memilih waktu terbaik untuk makan siang untuk menghindari kerumunan besar, terutama dari kelompok wisatawan lokal.

Penduduk desa setempat disekitar lokasi juga menjual makanan, seperti jagung dan buah2an di gunung. Disana juga ada kios2 makanan kecil yang menjual air dan makanan ringan/snack. Tidak diperkenankan membawa makanan berat ke dalam lokasi taman.

G. Berapa Harga Tiket Masuk ke Zhangjiajie?

Tiket masuk Zhangjiajie :  248 RMB (berlaku selama 3 atau 4 hari).

Biaya tambahan :

• Yellow Stone Village Cableway : 65 RMB untuk sekali perjalanan, menghemat 1½ – 2 jam berjalan.
• Tianzi Mountain Cableway : 67 RMB untuk sekali perjalanan, menghemat 2 – 3 jam berjalan.

• Lift Bailong : 72 RMB untuk sekali perjalanan, menghemat 1½ – 2 jam berjalan.
• Kereta Gantung Yangjiajie : 79 RMB untuk sekali perjalanan.
• Kereta Mini Galeri Ten-Li : 38 RMB untuk sekali perjalanan.

Catatan : Harga2 diatas dapat berubah sewaktu2, 1 RMB (Renminbi) sekitar Rp.2000,-

Area Pemandangan Wulingyuan, atau Taman Hutan Nasional Zhangjiajie?

Anda dapat memperlakukan mereka sebagai sebuah taman nasional besar yang sama. Perbedaannya dibuat oleh pemerintah setempat, untuk memudahkan pengelolaan kawasan. Wulingyuan Scenic Area terdiri dari 4 wilayah yang berdekatan, dan Taman Hutan Nasional  Zhangjiajie adalah yang terbesar di antaranya.

Jembatan kaca di Zhangjiajie National Forest Park.

Glass Bridge, Glass Skywalks, dan Elevator Kaca

• Jembatan Kaca terbentang di 2 tebing di Zhangjiajie Grand Canyon, sekitar 25 kilometer timur laut dari gerbang utama Taman Hutan Nasional Zhangjiajie.

Skywalk kaca dibangun di sepanjang tepi puncak Gunung Tianmen, yang berada di kota Zhangjiajie.

Lift Kaca Bailong berada di dalam Taman Hutan Nasional Zhangjiajie. Dibangun di sisi tebing besar, itu menyediakan cara mudah untuk naik ke puncak tebing menjulang di dekat Gunung Avatar.

Catatan : Scentic Area rating AAAAA adalah area wisata yang paling penting dan paling terawat di Tiongkok, Kategori rating yang digunakan diatur oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok. Pada 2020, terdapat 279 tempat wisata yang terdaftar sebagai 5A.



Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Semua tentang Tionghoa

Situs berita informasi seputar Tionghoa di Indonesia.

Copyright © 2020 TIONGHOAPOS.COM

To Top