Traveling

Cara Membuat Visa on Arrival Tiongkok, Cara Mendapatkan Visa Saat Kedatangan di China – Tionghoapos


Last Updated on 18 January 2019 by Herman Tan

Wisatawan asing biasanya diminta untuk mendapatkan visa sebelum mereka tiba di Tiongkok. Wisatawan dari Negara tertentu dapat mengajukan permohonan Visa pada saat kedatangan (Visa on arrival) di bandara atau pelabuhan masuk Tiongkok tertentu. Warga AS dan Prancis tidak diizinkan untuk mengajukan visa kedatangan.

Visa on Arrival Tiongkok

Ada 2 (dua) situasi yang memungkinkan Anda memiliki kesempatan untuk mengajukan visa pada saat kedatangan :

Dalam keadaan darurat, ketika Anda harus bergegas ke Tiongkok tetapi tidak punya waktu untuk membuat aplikasi permohonan.

Anda bepergian ke dan hanya tinggal di area yang ditunjuk ini : Shenzhen, Zhuhai, Xiamen, dan Provinsi Hainan (Sanya dan Haikou).

Penting! Tidak dijamin bahwa visa pendaratan akan dikeluarkan untuk setiap wisatawan yang datang. Dianjurkan untuk mendapatkan visa jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Baca juga : Cara mengajukan permohonan visa Tiongkok

A. Visa Kedatangan saat Darurat

Dimungkinkan untuk mengajukan visa pada saat kedatangan jika Anda berada dalam situasi darurat, terkait dengan tujuan bisnis atau masalah hidup dan mati. Untuk perjalanan bisnis, Anda selalu diharuskan memberikan bukti undangan dari organisasi Tiongkok yang terakreditasi.

Bandara atau pelabuhan masuk di Tiongkok yang menawarkan visa on arrival, termasuk Beijing, Chengdu, Chongqing, Dalian, Fuzhou, Guangzhou, Guilin, Haikou, Hangzhou, Heihe, Jinan, Kunming, Manchuria, Nanjing, Qingdao, Sanya, Shanghai, Shenyang, Shenzhen, Suifenhe, Tianjin, Wuhan, Xiamen, Xi’an, Weihai, Yantai, dan Zhuhai.

B. Siapa Yang Bisa Mengajukan Visa saat Kedatangan?

1. Orang asing yang diundang dalam waktu singkat untuk menghadiri pameran dagang di Tiongkok oleh perusahaan pemerintah atau swasta mereka.

2. Orang asing yang diundang ke Tiongkok untuk mengajukan tender atau menandatangani kontrak ekonomi dan komersial.

3. Orang asing yang pergi ke Tiongkok di bawah kontrak untuk pengawasan pengiriman ekspor, inspeksi komoditas impor, atau barang yang diperiksa pada penyelesaian kontrak.

4. Orang asing yang diundang untuk instalasi darurat / perbaikan peralatan atau proyek rekayasa teknik.

5. Orang asing yang diundang untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan klaim di bawah permintaan Negara tuan rumah.

6. Orang asing yang diundang ke Tiongkok untuk memberikan layanan konsultasi teknis.

7. Orang asing yang memiliki perubahan di menit-menit terakhir dalam status visa setelah visa mereka diberikan, dengan persetujuan dari otoritas Tiongkok yang memimpin.

8. Orang asing yang pergi ke Tiongkok untuk mengunjungi atau mengantar pasien yang sakit parah, atau untuk menangani masalah pemakaman.

9. Orang asing yang tidak dapat meninggalkan Tiongkok melalui udara dalam waktu 24 jam karena insiden force majeure (pesawat delay, terjadi bencana alam di wilayah setempat, aksi teroris, sabotase, dsb) dan yang perlu menggunakan alat transportasi lain.

10. Orang asing yang diundang, namun tidak punya waktu untuk mengajukan visa di otoritas visa luar negeri Tiongkok (duta besar/konjen) namun memegang surat keterangan dari otoritas yang ditunjuk, yang menyetujui aplikasi untuk visa di pelabuhan masuk.

C. Dokumen Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Mengurus Visa Kedatangan (Visa on Arrival)?

Visa pada saat Kedatangan di Tiongkok

1. Paspor yang sah dan masih berlaku.
2. Visa lengkap atau aplikasi izin tinggal.
3. Foto paspor yang baru saja diambil.
4. Surat undangan, dokumen pendukung, atau alasan yang kuat terkait dengan alasan harus segera masuk ke Tiongkok, ditulis oleh organisasi atau individu yang terkait.

Baca juga : Inilah Cara Mengurus Paspor WNI Tionghoa dan Bagaimana Mengurusnya Jika Hilang

D. Cara Mengajukan  Visa Kedatangan (Visa on Arrival)

♦ Individu mengajukan secara langsung ke kantor administrasi visa di bandara, tepat setelah tiba disana. Kelompok wisata akan dihandle oleh agen perjalanan yang mengatur rombongan, di kantor administrasi visa bandara.

♦ Perwakilan institusi atau individu setempat (penjemput) dapat mengajukan permohonan visa kedatangan untuk orang asing sebelum mereka tiba di kantor administrasi visa bandara.

E. Keabsahan Penggunaan Visa on Arrival

Kantor administrasi visa on arrival harus mengeluarkan ‘visa pada saat kedatangan’ dengan masa masuk tidak lebih dari 5 hari untuk individu, dan 15 hari untuk kelompok/rombongan.

Individu yang memegang visa on arrival harus memasuki dan keluar wilayah Tiongkok melalui pelabuhan atau bandara tertentu (yang diizinkan), sementara grup wisata dapat memasuki Tiongkok melalui semua pelabuhan atau bandara terbuka.

F. Visa Kedatangan di Shenzhen, Zhuhai, Xiamen dan Hainan

Pengunjung dari sebagian besar Negara yang diizinkan mendapatkan visa on arrival, dapat memperoleh ‘visa masuk saat kedatangan’ saat bepergian ke, dan hanya tinggal di 3 Zona Ekonomi Khusus, yakni : Shenzhen, Zhuhai, dan Xiamen. Kantor administrasi visa on arrival di 3 zona itu dapat mengeluarkan visa Zona Ekonomi Khusus (KEK; Special Economic Zone – SEZ visas).

Visa untuk wilayah Shenzhen berlaku selama 5 hari, dan visa untuk wilayah Xiamen dan Zhuhai berlaku selama 3 hari. Wisatawan asing yang memegang visa Perjalanan Zona Khusus tidak diizinkan bepergian di luar wilayah tersebut.

G. Siapa yang Bisa Mendaftar untuk Visa on Arrival?

Pemegang paspor di sebagian besar Negara dapat memperoleh visa pada saat kedatangan di Shenzhen, Zhuhai dan Xiamen. Beberapa orang mungkin mengajukan permohonan dengan menunjukkan paspor mereka, dengan bukti bahwa mereka telah dikeluarkan visa Tiongkok sebelumnya (dulu pernah mengurus visa biasa, seperti visa turis) oleh kedutaan atau konsulat Tiongkok, seperti Indonesia dan Filipina.

H. Berapa Lama Proses Untuk Mendapatkan Visa Kedatangan (Visa on Arrival)?

Anda perlu menyiapkan paspor dan uang yang valid (mata uang Tiongkok, RMB/CNY). Proses ini memakan waktu sekitar 10 – 30 menit. Berikut 3 langkah untuk mengajukan visa kedatangan di Tiongkok :

1. Isi formulir aplikasi (bisa dalam bentuk digital, lewat komputer) visa di loket pembuatan visa kedatangan (visa on arrival) sekitar bandara/pelabuhan.
2. Kirimkan/lampirkan berkas formulir aplikasi visa dan paspor Anda, dan jawab pertanyaan yang diperlukan.
3. Membayar biaya visa. Biaya visa hanya akan dibebankan dalam mata uang lokal CNY (China Yuan)

Baca juga : Berapa Biaya Untuk Pembuatan Visa Tiongkok?

I. Visa on Arrival di Hainan

Selain Kebijakan bebasan Visa Hainan, Hainan juga telah menerapkan kebijakan visa on arrival di Sanya dan Haikou .

Pengunjung dari negara-negara berikut dapat memperoleh visa pada saat kedatangan (visa on arrival) untuk masa tinggal maksimum 15 hari lewat Bandara Internasional Haikou Meilan, atau 30 hari di Bandara Internasional Sanya Phoenix.

Negara-negara yang memenuhi syarat adalah Australia, Austria, Kanada, Jerman, Indonesia, Italia, Malaysia, Belanda, Selandia Baru, Rusia, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, dan Inggris.





Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Semua tentang Tionghoa

Situs berita informasi seputar Tionghoa di Indonesia.

Copyright © 2020 TIONGHOAPOS.COM

To Top