Bisnis

Inilah Daftar 10 Orang TerKaya di Tiongkok – Tionghoapos


Ketika kita membahas mengenai perekonomian dunia, maka pembahasan tersebut tidak akan lepas dari Tiongkok. Seperti yang kita tahu bahwa Tiongkok merupakan salah satu Negara di Asia yang memiliki perekonomian yang maju, dan menjadi salah satu Negara yang memegang peranan di dunia saat ini, selain Amerika, Rusia, Inggris, dan Jepang.

Sebagai salah satu Negara terkaya di dunia, sudah tentu di negeri panda itu banyak menyimpan orang-orang super kaya. Pernahkah terlintas di pikiran pembaca, bahwa berapa jumlah uang yang dipunyai oleh orang2 terkaya disana? Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh CNBC, di bawah ini daftar 10 orang paling terkaya di Tiongkok :

10. Yan Jiehe (严介和) : US$ 13,9 M

Yan Jiehe, lahir di Huaian, Jiangsu, 1960. merupakan anak bungsu dari 9 bersaudara. Hidup dari masa kecil yang kelam, Ia lulus dari Nanjing Normal University pada 1981, dan juga memegang gelar MBA dari Renmin University of China. Setelah lulus pada tahun 1981, Ia memulai karirnya sebagai guru bahasa Mandarin di Sekolah Menengah Huai’an.

Yan Jiehe pertama kali mengepakkan sayap karirnya sebagai guru. Dia juga pernah menjabat sebagai kepala pabrik semen disana. Kemudian Ia bekerja untuk pemerintah Tiongkok, dan bertanggung jawab atas restrukturisasi sejumlah perusahaan kecil milik Negara.Kemudian ia berpindah ke perusahaan konstruksi, dan kemudian lahirlah China Pasific Constuction Group tahun 1995.

9. Zhang Zhidong (张志东), TENCENT : US$ 15,6 M

Zhang Zhidong (张志东)

Orang terkaya di Tiongkok selanjutnya adalah Zhang Zhidong. Lahir di Shenzhen pada tahun 1972, Orang terkaya ini lebih dikenal dengan nama Tony Zhang. Saat kuliah di Shenzhen University, dia berteman dengan Pony Ma, yang kelak bersamanya menjadi salah satu co-founder dari Tencent Holdings. Mereka mendirikan sebuah perusahaan internet Tencent di tahun 1998.

8. Lei Jun (雷军), XIAOMI : US$ 19,7 M

Lei Jun (雷军)

Lei Jun ditaksir memiliki kekayaan senilai 19,7 miliar dolar Amerika. Lahir di Xiantao, Hubei, pada 1969, Lei Jun merupakan sebuah founder dari Xiaomi, yang merupakan merek smartphone lokal yang paling terkenal di Tiongkok. Lahir pada tahun 1969, Ia mulai belajar mengenai komputer di Universitas Wuhan. Lei Jun selanjutnya bekerja sebagai engineer, sebelum ia menempati posisi senior yang ada di perusahaan teknologi tersebut.

Karena usahanya dalam membangun Xiao Mi, Dia mendapat julukan “Steve Job”nya Tiongkok.

7. Li Hejun (李 河 君), HENERGY : US$ 21,1 M

Li Hejun merupakan lulusan Beijing Jiaotong University, dengan gelar sarjana teknik mesin pada 1988. Lahir pada 1967 di Heyuan, Guangdong, Ia mendirikan perusahaan Henergy Holding Group di tahun 1991 dengan biaya 50.000 yuan, yang mana dananya ketika itu hanya dipinjam dari salah satu dosen di universitasnya.

Sekedar informasi bahwa Henergy merupakan salah satu perusahaan energi terbarukan yang terkenal di dunia.

6. Ding Lei (丁磊), NetEase : US$ 18,3 M

Ding Lei (丁磊)

Jika anda ingin tahu siapa pendiri dari NetEase, maka orang tersebut adalah Ding Lei. NetEase (163.com) merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan beragam konten online, layanan commerce, dan juga komunikasi. Lahir pada tahun 1971 di Fenghua, Zhejiang. Setelah Ia lulus dari University of Electronic Science and Technology of China dengan gelar sarjana, Ia mendirikan perusaan NetEase di tahun 1997.

5. Wang Jianlin (王健林), Dalian Wanda Group : US$ 22,6 M

Wang Jianlin (王健林)

Lahir pada tahun 1954 di Changxi, Sichuan, Wang bekerja di partai politik China’s People’s Liberation Army selama 16 tahun, sebelum akhirnya Dia mendirikan Dalian Wanda Group di tahun 1988. Saat ini, perusahaannya merupakan pengembang real estate / perumahan terbesar di Tiongkok. Wang juga diketahui memiliki saham 15% dari klub sepakbola Spanyol, Atletico Madrid.

4. Yang Huiyan (杨惠妍), Country Garden Holdings : US$ 25,8 M

Yang Huiyan merupakan wanita terkaya di Asia saat ini. Lahir di Shunde, Guangdong, pada tahun 1981, Ia mempunyai saham mayoritas sebanyak 57% di Country Garden Holdings. Perusahaan yang bergerak di bidang pengembang properti tersebut sebenarnya merupakan warisan dari ayahnya, Yang Guoqiang, yang telah membangunnya sejak tahun 1992.

Pada 2003, Yang Huiyan tercatat merupakan lulusan dari universitas Ohio State University jurusan seni.

3. Hui Ka Yan (Xu Jiayin; 许家印), Evergrande Group : US$ 33,2 M

Hui Ka Yan (Xu Jiayin; 许家印)

Hui Ka Yan (kanton), dikenal juga sebagai Xu Jiayin, lahir di sebuah desa pinggiran provinsi Henan pada 1958. Setelah lulus dari Wuhan University of Science and Technology, dia bekerja sebagai teknisi di perusahaan baja selama 10 tahun, sebelum menjadi Chairman di Evergrande Group, salah satu perusahaan pengembang real estate terbesar di Tiongkok.

2. Jack Ma (马云), ALIBABA ; US$ 38,3 M

Jack Ma (马云)

Siapa yang tidak mengenal Jack Ma. Pendiri dari Alibaba Group ini bisa dikatakan lebih terkenal dibandingkan orang-orang terkaya lainnya di Tiongkok. Jack Ma lahir di Hangzhou, Zheijang di tahun 1964. Semasa muda, Jack Ma pernah menjadi seorang guru les bahasa Inggris. Ketika KFC membuka cabang di Hangzhou, Jack melamar. Dari 24 pelamar, hanya dia yang gagal. Ia juga kandas menjadi seorang polisi.

Kemampuan berbahasa Inggris memberi Jack kesempatan berkunjung ke Amerika Serikat di tahun 1995. Ketika itu, ia diminta menjelajahi dunia lewat internet yang baru muncul. ”Tidak, tidak, tidak,” katanya, karena komputer barang mahal dan dia tak paham.

Jack tetap diyakinkan untuk mencoba. ”Pertama kali, saya mencari bir. Saya menemukan produk bir dari sejumlah negara, tetapi tak satu pun asal Tiongkok.” Dia pun terinspirasi membuatkan situs berisi informasi produk-produk buatan Tiongkok.

Kembali ke Tiongkok, Jack bekerja di kementerian luar negeri, dengan menawarkan jasa pemasaran produk Tiongkok lewat internet. Bukan tipe pegawai negeri dengan birokrasi berbelit-belit, ia mundur dari pemerintahan.

Pada 1999, bersama rekannya, ia merintis situs bernama Alibaba, yang mempertemukan pembeli dan penjual produk di seluruh dunia. Ia terinspirasi situs Amazon. Belajar dari situs lelang e-Bay, ia mendirikan Taobao. Pengaruh Google menginspirasinya menciptakan mesin pencari di internet berbahasa Mandarin.

Saat ini, Alibaba Group merupakan sperusahaan retail e-commerce terbesar di dunia.  Jack Ma juga merupakan warga Tiongkok pertama yang masuk di majalah Forbes, dan terdaftar sebagai biliuner dunia.

Baca juga : Kisah Jack Ma, Orang Terkaya Kedua di Tiongkok Pemilik Alibaba

1. Ma Huateng (马化腾), TENCENT, WECHAT : US$ 39,8 M

Ma Huateng (马化腾)

Di urutan teratas sebagai orang terkaya di Tiongkok adalah Ma Huateng, seorang pendiri Tencent Holdings. Orang tua Ma merupakan seorang manajer di pelabuhan lokal. Pria kelahiran Guangdong, tahun 1971 ini kuliah di salah satu universitas terbaik di Tiongkok, Shenzhen University, jurusan ilmu komputer, dan lulus pada 1993.

Ia dikenal juga sebagai Pony Ma, yang mendirikan perusahaan tersebut bersama 4 rekannya pada tahun 1998. Ia saat ini menduduki posisi sebagai CEO dan chairman. Sekedar informasi bahwa Tencent merupakan sebuah perusahaan internet yang paling besar di seluruh dunia. Bisnis-bisnis didalamnya seperti e-commmerce, game online, dan aplikasi chat paling populer di Tiongkok, WeChat.





Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Semua tentang Tionghoa

Situs berita informasi seputar Tionghoa di Indonesia.

Copyright © 2020 TIONGHOAPOS.COM

To Top